Hikmah Dibalik Ayat "Surga Yang Mengalir Dibawahnya Sungai Sungai"


    Mungkin, sebagian dari kita sering mendengar ayat di Al-Quran yang bebunyi

جَنَّاتٍ تَجْريْ مِنْ تَحْتِهَا الأَنْهَار

“ Surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai”

   Kita tentunya tidak asing lagi dengan ayat itu. Jika ada yang membacanya, kita merasa biasa saja. Namun, hal ini berbeda dengan arsitek Kristen yang sangat terkenal di Eropa. Ia bisa masuk islam karena ayat ini. Begini ceritanya,

   Ada seorang arsitek Kristen dari Jerman yang terkenal di Eropa. Dia suka mendesain arsitektur yang gambarnya selalu laku terjual. Karena gaya arsitekrurnya yang menggabungkan antara seni klasik dan modern. Termasuk arsitektur yang disebutkan Al-Quran, seperti Piramid pada zaman Fir’aun, Gunung yang di pahat menjadi rumah-rumah oleh kaum Tsamud, dan masih banyak lagi

   Suatu hari ia tidak sengaja membuka Al-Quran yang menceritakan tentang arsitektur surga. Tepatnya pada ayat yang menyebutkan tentang surge yang dibawahnya mengalir sungai-sungai. Ia penasaran dengan ayat ini. Dia mengira arsitektur di Surga menurut orang Islam yang adalah tempat balasan untuk orang-orang yang patuh seperti itu. Tempat yang tidak ada yang bisa menandingi keindahannya. Dia pun penasaran dan akhirnya, dia memutuskan untuk membangun rumah yang mirip dengan rumahnya hanya bedanya lantainya terbuat dari kaca dan dibawahnya terdapat sungai yang mengalir jika dipencet saklar.

   Setelah selesai mebangunnya selama 6 bulan, dia dipanggil untuk mengisi acara di berbagai Negara di Eropa selama 2 bulan. Setelah semuanya selesai selama 2 bulan, ia pulang ke rumah barunya itu. Dia menyalakan saklar-saklarnya dan duduk santai di sofa. Menakjubkannya, tidak sampai 5 menit capek dan penatnya setelah 2 bulan itu langsung hilang. Dia penasaran dan mencoba mematikan saklarnya satu persatu, sampai tinggal saklar sungainya. Diapun bergumam kalau suara air sungai inilah yang membuat capek dan penatnya hilang seketika. Dan ternyata inilah rahasia dibalik ayat yang mencerita kan arsitektur surga.

    Setelah kejadian itu, dia mendatangi komunitas muslim di Jerman dan menyatakan dirinya masuk islam. Subhanallah, kita yang selama ini membaca ayat itu tidak terpengaruh sama sekali. Tapi, disisi lain hal itu membuat seseorang masuk islam. Allah memberi hidayah seseorang dari sisi mana saja.

   Orang-orang seperti itu adalah orang-orang hebat yangmenerima hidayah dari Allah langsung. Tidak seperti kebanyakan kita yang beragama islam karena menurunkan agama dari kedua orang tuanya. Sehingga, kebanyakan muallaf bisa lebih baik daripada orang muslim uanglahir dari kedua orang tua muslim. Karena tidak semua muslim yang lahir dari orang tua muslim mendapat hidayah dari Allah dengan kesadarannya dalam memeluk islam.


    Semoga Allah bisa memberikan hidayahnya kepada kita sehingga kita tidak hanya menjadikan islam sebagai pilihan agama saja. Tapi menjadikannya sebagai ajaran dan tuntunan yang kita pegang sampai mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Benarkah Umur Umat Islam 1500 Tahun?

    Kita sering mendengar atau melihat postingan yang menyebutkan bahwa umur umat islam hanya 1500 tahun. Padahal kita tahu bahwa Hari ...