Jadi Apapun asalkan jangan tinggalkan ilmu agama

   

    Sebagai seorang muslim, sudah seharusnya kita belajar ilmu agama agar mempunyai bekal di akhirat kelak. Jangan sampai urusan duniawi membuat kita lalai dari belajar agama. Mulai dari belajar mem- baca Al-Quran sampai belajar ushul fiqh dan hadits.

    Menuntut ilmu apapun tidak apa apa yang paling penting jangan tinggalkan ilmu agama. Orang-orang berilmu mengetahui pentingnya ilmu agama. Prof. BJ. Habibie pernah berkata saat mengisi ceramah di Universitas Al-Azhar, Cairo, Mesir.

“Saya diberi kenikmatan oleh Allah ilmu teknologi sehingga saya dapat membuat pesawat. Tapi sekarang saya tahu bahwa ilmu agama lebih manfaat untuk umat islam. Kalau saya disuruh memilih antara keduanya, saya akan memilih Ilmu Agama.”

    Namun, bukan karena diperintahkan belajar ilmu agama, kita melupakan ilmu ilmu lain seperti : Sains, Matematika, dll. Ilmu-ilmu itu juga penting untuk mendukung ilmu agama kita. Kalau bisa kita mendapat dua duanya, ilmu agama dan ilmu umum. Seperti halnya ulama-ulama yang mengabungkan ilmu sains dan agama. Sehingga bisa mendakwahi orang-orang ateis yang tidak menerima dalil. Nabi SAW bersabda,

طَلَبُ العِلْمِ فَريْضَةٌ عَلىَ كُلِّ مُسْلِمِ

“ Menuntut ilmu hukumnya wajib bagi setiap muslim” (HR. Ibnu Majah no. 224)

    Yang paling penting adalah niat kita dalam menuntut ilmu. Karena jihad pada zaman ini adalah jihad menuntut ilmu. Jika kita niatkan menuntut ilmu sebagai jihad di jalan Allah, kalau suatu saat kita gugur, kita akan dianggap mati syahid. Nabi SAW bersabda dalam hadits,

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقَةً إِلىَ الجَنَّةِ

“Barangsiapa yang menempuh suatu jalan yang didalamnya terdapat ilmu, Allah mudahkan jalannya ke surga” (HR. Muslim)

    Mulai sekarang, tempuhlah jalan yang kalian inginkan asalkan itu baik dan jangan sampai meninggalkan ilmu agama. Karena ilmu agama sangat penting bagi kita di dunia maupun di akhirat. Belajar itu tidak bisa berhenti sampai mati. Walaupun kita telah menjadi apa yang kita inginkan, jangan pernah berhenti untuk belajar. Karena, kesuksesan sebenarnya adalah, kita bisa mati dalam keadaan khusnul khatimah.


    Semoga penjelasan tadi membuat kita semua tahu hakikat ilmu agama dan memotivasi agar mendapatkan keduanya, yaitu ilmu agama dan ilmu umum. Dan semoga kita bisa meraih kesuksesan sejati, yaitu mati dalam keadaan khusnul khatimah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Benarkah Umur Umat Islam 1500 Tahun?

    Kita sering mendengar atau melihat postingan yang menyebutkan bahwa umur umat islam hanya 1500 tahun. Padahal kita tahu bahwa Hari ...