Siapapun, Dimanapun, Kapanpun bisa hafal al-quran


    Al-Quran adalah panduan pertama bagi umat islam yang langsung Allah turunkan melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW selama kurang lebih 23 tahun lamanya. Kita harus percaya dengan kebenaran Al-Quran yang sudah 1400 tahun tidak berubah keasliannya.

   Selain membacanya, kita diperintahkan untuk menghafal, memahaminya dan mengamalkannya. Karena percuma saja jika kita hanya hafal dan paham tapi tidak mengamalkannya. Hal itu mirip dengan orang-orang Yahudi yang hanya berilmu tapi tidak diamalkan. Begitu juga sebaliknya jika kita mengamalkan tapi kita tidak memahaminya. Hal itu mirip dengan kaum Nasrani. Kita umat muslim, kita harus menghafal, memahami, dan mengamalakan.

    Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari menghafal Quran baik dari sisi agama maupun ilmiah. Diantaranya disebutkan oleh Nabi SAW dalam haditsnya dari Umar bin Khattab RA :

إِنَّ اللهَ يَرْفَعُ بِهَذَا الْكِتَابِ أَقْوَامًا و يَضَعُ بِهِ أَخَرُوْن

“Sesungguhnya Allah mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Quran) dan merendahkan yang lain dengannya” (HR. Muslim no.1934)

    Di hadits lain disebutkan bahwa Allah SWT akan memberikan syafaat bagi pembaca nya pada Hari Kiamat. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dari Abu Hurairah RA,

إِقْرَأُ الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِيْ يَوْمَ القِيَامَةِ شَفِيْعًا لِأَصْحَابِهِ

“Bacalah Al-Quran, karena sesungguhnya Ia (Al-Quran) akan datang pada Hari Kiamat sebagai syafaat bagi pembacanya” (HR Muslim no. 1337)

    Mungkin sebagian dari kita merasa kalau menghafal Al-Quran itu susah dan hanya mungkin dilakukan oleh orang-orang tertentu, seperti : Santri, Pengangguran, Orang kaya, dll. Tidak, Kita semua bisa menghafal Al-Quran mulai dari yang kecil sampai yang tua. Dari yang sibuk sampai yang nganggur. Dari yang kaya sampai yang miskin. Dari Muallaf sampai Ustadz. Karena Allah SWT berjanji 4 kali dalam Al-Quran :

وَ لَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْأَنَ لِالذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِر

“Dan sungguh, kami telah mudahkan Al-Quran untuk diingat maka adakah yang mengambil pelajaran ?” (Al-Qamar : 17, 22, 32, 40)


    Sekarang pilihannya ada ditangan kalian. Karena sesungguhnya penghafal Al-Quran adalah orang-orang pilihan Allah. Semoga kita semua bisa menjadi penghafal Al-Quran dan penjaga agama Allah yang mendapat Syafaat nya di Hari Kiamat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Benarkah Umur Umat Islam 1500 Tahun?

    Kita sering mendengar atau melihat postingan yang menyebutkan bahwa umur umat islam hanya 1500 tahun. Padahal kita tahu bahwa Hari ...