Benarkah Umur Umat Islam 1500 Tahun?


    Kita sering mendengar atau melihat postingan yang menyebutkan bahwa umur umat islam hanya 1500 tahun. Padahal kita tahu bahwa Hari Kiamat tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah. Saat Nabi SAW ditanya tentang kapan Hari Kiamat, beliau hanya menyuruh untuk banyak-banyak berbekal sebelum datang Hari Kiamat yang tidak diragukan lagi.

    Adapun postingan postingan yang berpendapat bahwa umur umat Pendapat ini didukung oleh Imam As-Suyuti rahimahullah. Beliau terjatuh dalam urusan ini. Beliau berdalil dengan hadits-hadits dha’if  yang dilandaskan kepada Nabi SAW, diantaranya dari Ad-Dohak Al-Juhani ia bemimpi dan menceritakan mimpinya kepada Rasulullah SAW bahwa ia melihat mimbar dengan 7 anak tangga sedangkan aku bersamamu ada di tangga paling atas

   Lalu, Nabi SAW bersabda, “Adapun 7 anak tangga yang kau lihat, dan aku berada di paling atas, maka ketahuilah bahwa umur dunia 7000 tahun dan aku berada di 1000 tahun terakhir” Ini adalah hadits dha’if yang tidak bisa dijadikan dasar.

    Hadits ini sudah jelas sekali salah karena umur umat muslim sekarang sudah 1400 tahun. Seharusnya, 400 tahun lalu sudah kiamat. Bahkan Ibnu Qoyyim yang hidup di abad 8 sudah mengatakan bahwa hadits ini palsu, karena bertentangan dengan Al-Quran. Padahal pada zaman beliau belum terbukti kebenarannya.

    Ada juga hadits shahih yang dijadikan dalil oleh mereka tapi dengan penjelasan yang salah. Hadits yang menyebutkan bahwa sisa umat islam dengat umat-umat sebelumnya seperti dari habis Ashar sampai maghrib. Orang-orang Yahudi diberi Taurat, dan beramal dengannya dari pagi sampai siang setelah itu mereka kelelahan. Adapun orang-orang Nasrani, mereka diberi Injil dan beramal dengannya dari habis Dhuhur sampai Ashar. Setelah itu mereka kelelahan. Adapun umat islam, maka beramal dari Ashar sampai Maghrib.

    Hadits ini adalah hadits shahih. Namun, mereka keliru dalam menafsirkannya. Mereka berkata umat Nabi Adam sampai Nabi Musa bagaikan dari habis Maghrib sampai Subuh. Sedangkan umat Nabi Musa sampai Nabi Isa seperti dari habis Subuh sampai Dhuhur. Dan umat Nabi Muhammad seperti dari habis Dhuhur sampai Maghrib.

    Jadi, totalnya 100%. Ahli Sejarah mengatakan bahwa umur umat Yahudi sekitar 2000 tahun. Sedangkan umur umat yahudi 25% dari umur dunia. Maka, umur umat Kristen dan umat Islam totalnya 25%. Umur umat Kristen hanya sekitar 671 tahun. Karena 25% nya 2000, berarti 2000 dikurangi 671 hasilnya sekitar 1300, namun ada yang menggenapkannya menjadi 1500 tahun.

    Penafsiran ini adalah penafsiran yang tidak jelas dan tidak masuk akal. Karena waktu Dhuhur ke waktu Ashar lebih panjang daripada dari waktu Asar ke waktu Maghrib. Namun, mereka malah membandingkannya dengan 1500 dan 500 perbedaan yang sangat drastis dan tidak masuk akal.

    Yang benar yaitu Hari Kiamat tidak ada yang tahu kecuali Allah SWT. Sedangkan Rasulullah SAW hanya menyebutkan tanda-tandanya saja. Hadits shahih tadi hanya dimaksudkan syari’at yang diberikan kepada umat umat terdahulu, bukan waktu umat terdahulu. Inilah penuturan dari Ibnu Qayyim rahimahullah.

    Yang harus diperbincangkan adalah persiapan kita dalam menghadapi Hari Kiamat. Entah kapan Hari Kiamat itu hanyalah Allah yang tahu. Untuk itu, yang terbiasa menyebarkan postingan tentang umur umat Islam yang 1500 tahun harus dihentikan. Kalaupun hadits ini benar, maka Hari Kiamat sudah tidak rahasia lagi. Ini sangat menyelisihi Al-Quran  yang menyebutkan bahwa Hari Kiamat adalah salah satu dari 5 hal gaib yang hanya Allah saja yang mengetahuinya. Allah SWT berfirman,

إِنّ اللهَ عِنْدَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ الغَيْثَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الأَرْحَامِ وَمَا تَدْرِيْ نَفْسٌ مَاذَا تَكْسِبُ غَدًا وَمَا تَدْرِيْ نَفْسٌ بِأَيِّ أرْضٍ تَمُوْتَ إِنَّ اللهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرَ

“Sesungguhnya hanya disisi Allah lah ilmu tentang Hari Kiamat. Dan menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada di Rahim. Tidak ada seorangpun yang tahu apa yang akan diusahakannya besok. Dan tidak ada seorangpun yang tahu di bumi mana dia mati. Sesungguhnya Allah Maha Berilmu dan Maha Mengetahui.” (Luqman : 30)

    Semoga artikel singkat ini bisa menambah wawasan kita tentang Iman kepada Hari Kiamat. Masalah waktunya hanya Allah yang tahu. Rasulullah hanya memberitahu tanda-tandanya saja seperti keluarnya Dajjal, keluarnya Ya’juj dan Ma’juj, muncul Imam Mahdi, turunnya Nabi Isa AS, dll. Kewajiban kita hanya banyak-banyak beramal shalih untuk persiapan kita di akhir zaman ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Benarkah Umur Umat Islam 1500 Tahun?

    Kita sering mendengar atau melihat postingan yang menyebutkan bahwa umur umat islam hanya 1500 tahun. Padahal kita tahu bahwa Hari ...